Kamis, 18 April 2024

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Mendikbudristek Apresiasi Kinerja BAN PAUD dan PNF

Oleh: Biyanto dan Alfiannor Luthfi Hasain

Mendikbudristek Apresiasi Kinerja BAN PAUD dan PNF_1682655668.png

Pada Kamis siang (27/4), jajaran Ketua, Sekretaris, dan Anggota BAN PAUD dan PNF periode 2018-2022 diterima Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A.,M.B.A., di ruang kerjanya. Turut hadir mendampingi Mendikbudristek adalah Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo, S.Psi., M.Phil., Ph.D. dan Staf Khusus Mendikbudristek Bidang Isu-Isu Strategis Fiona Handayani, M.B.A. Pertemuan silaturrahim selama kurang lebih satu jam berlangsung dalam suasana yang sangat hangat dan penuh kekeluargaan.

Hadir dalam pertemuan ini, 14 anggota BAN PAUD dan PNF periode 2018-2022. Rombongan langsung dipimpin oleh Ketua BAN PAUD dan PNF Prof. Dr. Supriyono.,M.Pd. Bertindak sebagai moderator dalam pertemuan itu Kepala BSKAP. Mas Nino sapaan akrabnya mempersilahkan Ketua BAN PAUD dan PNF menyampaikan laporan program kerja terlebih dahulu, sebelum Mendikbdudristek menyampaikan tanggapan.

Prof Pri, panggilan akrab ketua BAN PAUD dan PNF, menyampaikan garis besar laporan capaian kinerja BAN PAUD dan PNF periode 2018-2022. “Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan Mas Menteri dan jajaran Kemendikbudristek terhadap BAN PAUD dan PNF sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik. Meski dalam periode ini ada problem pandemi Covid-19. Namun, tantangan ini dapat kami respon secara positif. Caranya adalah dengan pengembangan instrumen akreditasi, sistem penilaian akreditasi, dan peningkatan kompetensi asesor,” kata Prof Pri.

BAN PAUD dan PNF periode ini juga mampu mengembangkan Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) berbasis sistem aplikasi yang menggantikan mekanisme penilaian akreditasi secara manual. Sebelum tahun 2018, penilaian akreditasi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan borang. Dengan menjadikan Sispena sebagai mekanisme akreditasi, capaian akreditasi satuan PAUD dan PNF mengalami peningkatan yang luar biasa.

Mendengar paparan Ketua dan usulan beberapa anggota BAN PAUD dan PNF, Mendikbudristek menyampaikan rasa terima kasih tak terhingga. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap kinerja luar biasa BAN PAUD dan PNF periode ini. Tentu tidak mudah melaksanakan akreditasi di tengah pandemi. Apalagi BAN PAUD dan PNF juga harus menyesuaikan dengan berbagai kebijakan terbaru dari Kemendikbudristek. Termasuk penyesuaian sistem akreditasi dengan kebijakan dan filosofi Merdeka Belajar,” tegas Mas Menteri. Dalam pertemuan yang santai tetapi serius itu, Mendikbudristek juga meminta jajaran BAN PAUD dan PNF periode 2018-2022 tetap bekerja menyuskseskan akreditasi hingga bulan Mei 2023. Sebelumnya, Kepala BSKAP juga mengatakan bahwa sebenarnya BAN PAUD dan PNF periode ini sudah berakhir pada Desember 2022. Tetapi karena masih dibutuhkan, maka terus dilakukan perpanjangan masa bhakti hingga Mei 2023.

Pertemuan dengan Mendikbudristek ini sekaligus menjadi ajang berpamitan jajaran BAN PAUD dan PNF periode 2018-2022. Pada akhir pertemuan, Mas Menteri, Kepala BSKAP dan Staf Khusus Mendikbudristek dengan ramah melayani permintaan foto bersama dengan jajaran BAN PAUD dan PNF. Kesempatan langka berfoto Bersama Mas Menteri ini pun disambut dengan suka cita jajaran BAN PAUD dan PNF. Semoga warisan berharga (legacy) BAN PAUD dan PNF periode ini menjadi bagian dari kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional.